Cara Membuat Donat Tanpa Kentang Empuk Dan Lezat

Bagi kamu yang suka dengan makanan manis-manis mungkin tidak akan asing lagi dengan salah satu camilan lezat ini. Sebab camilan ini banyak disukai baik untuk kalangan dewasa maupun anak-anak. Ya donat dapat dibilang merupakan makanan ringan untuk segala usia. Hal ini tentu saja disebabkan karena donat dapat divariasikan dengan berbagai jenis bahan makanan tambahan sebagai toppingnya. Toppingnya memang sangat bervariasi sekali, dimulai dari gula halus hingga keju, coklat serta mises dan masih banyak lainnya yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Untuk cara membuat donat dapat dibilang mudah dan tidak begitu sulit, namun bagi pemula jelas tetap memerlukan panduan. Namun bila donat pada umumnya menggunakan bahan baku termasuk juga kentang, maka pada artikel ini akan sedikit berbeda. Sebab resep donat di bawah ini tidak memerlukan bahan baku kentang sama sekali. Nah bagi kamu yang penasaran dan ingin mencoba membuat donat sendiri tanpa menggunakan kentang maka baiknya simak dulu cara membuat donat tanpa kentang berikut ini.

Seperti dikatakan sebelumnya untuk membuat donat tidaklah sulit, asalkan hati-hati dan memahami step-stepnya pasti akan berhasil. Sebab jika tidak membaca arahan dengan saksama bisa jadi donat kamu tidak mengembang dan itu artinya percobaan kamu gagal. Maka dari itu sangat penting untuk membaca dan memahami terlebih dahulu cara membuat donat tanpa kentang dengan baik agar hasilnya dapat maksimal. Tanpa berlama-lama, simak saja ulasan berikut ini mengenai tutorial cara membuat donat tanpa bahan baku kentang dengan mudah.
 Bagi kamu yang suka dengan makanan manis Cara Membuat Donat Tanpa Kentang Empuk Dan Lezat

Cara Membuat Donat Tanpa Kentang Sangat Mudah

1. Siapkan alat serta bahan yang dibutuhkan. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain:

· Tepung terigu sebanyak 250 gram

· Kuning telur sebanyak 1 butir

· Margarin sebanyak 1 sdm

· Fermipan sebanyak 1 sdt

· Susu bubuk sebanyak 2 sdm

· Gula pasir sebanyak 2 sdm

· Air matang 100 ml

· Topping sesuai selera

· Minyak goreng secukupnya

2. Membuat adonan dengan cara menyampurkan gula, fermipan serta telur hingga larut dan tercampur.

3. Secara bertahap masukkan tepung terigu dan susu bubuk kemudian aduk hingga rata.

4. Masukkan air lalu uleni hingga setengah kalis.

5. Tambah margarin lalu uleni adonan hingga benar-benar kalis.

6. Setelah kalis, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam dan ditutup dengan serbet basah agar adonan dapat mengembang sempurna.

7. Kemudian bentuk adonan seperti bulatan-bulatan dengan ukuran sesuai selera.

8. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

9. Panaskan minyak goreng dan sambil menunggu minyak panas, beri lubang pada bulatan adonan kemudian goreng hingga matang atau berwarna kecoklatan.

10. Angkat lalu tiriskan.

11. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai dengan selera, donat siap disajikan.

Nah bagaimana, sangat mudah bukan untuk dipraktekkan? Selain mudah, kamu juga dapat bebas mengkreasikan donat dengan topping kesukaan kamu. Seperti halnya coklat, keju, kacang, kacang mete, mises, kismis, oreo, cream vanila dan lain sebagainya. Dengan begitu akan terdapat beraneka ragam rasa donat yang tidak akan membuat kamu bosan. Disamping itu juga kamu dapat menjamin kesehatan dan kehegienisan donat tersebut. Tak hanya itu saja, bahan baku yang digunakan pun begitu mudah, tak perlu menggunakan kentang dan tentunya semuanya dapat ditemukan dengan mudah di pasar atau swalayan. Jadi tunggu apalagi? Segera coba dan buktikan resep ini, dijamin donat kamu akan empuk dan lezat selama kamu mengikuti instruksi yang diberikan di atas. Sekian, resep mengenai cara membuat donat tanpa kentang ini semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba!