Informasi Kisaran Gaji Pilot dan Pramugari Indonesia Setiap Bulannya

Gaji Pilot dan Pramugari - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai Gaji Pilot dan Pramugari. Banyak orang yang bertanya-tanya berapa sih sebenarnya gaji pilot dan pramugari itu? Pilot dan pramugari atau pramugara di Indonesia adalah salah satu profesi yang semakin banyak dilirik oleh kaum muda. Berkarier didunia penerbangan memang tidaklah mudah, resiko yang harus ditanggung memang cukup besar jika dibandingkan dengan bekerja di darat. Akan tetapi, semua resiko yang harus di tanggung ini tentunya sepadan dengan gaji yang akan diterimanya. Gaji seorang pilot setiap bulannya bisa mencapai puluhan juta rupiah namun tentunya harus bertahap sesuai dengan jenjangnya.
gaji pilot air asia,gaji pilot baru,gaji pilot tni au,gaji pilot garuda,gaji pilot lion air,pilot garuda,gaji pilot sriwijaya,gaji pilot,gaji pegawai,
Baca Juga : Gaji Karyawan JNE dan Cara Menjadi Agen JNE

Gaji pilot dan pramugari sesungguhnya hampir sama dengan gaji profesi lainnya untuk gaji pokoknya. Yang membuat pilot dan pramugari bergaji besar adalah tunjangan yang di terima dari setiap penerbangan yang dilakukan. Khusus untuk pilot agar mendapatkan gaji yang besar harus menempati posisi sebagai kapten terlebih dulu. Ada tiga tahap yang perlu dilalui oleh pilot agar berpendapatan mencapai 70 juta rupiah, yakni SO, FO dan kapten. Semua tahap ini harus dilewati untuk bisa mendapatkan gaji yang besar. Seorang yang sudah lulus dari sekolah pilot akan menjadi pilot baru dan biasanya menempati posisi SO atau Second Officer. Gaji pilot baru ini juga cukup besar yakni sekitar 15 sampai 20 juta rupiah setiap bulannya.

Memang gaji pilot dan pramugari berbeda-beda untuk setiap maskapai penerbangan, namun rata-rata pilot baru sudah bisa berpenghasilan 15 juta rupiah. Setelah memenuhi jumlah jam terbang yang disyaratkan seorang SO bisa naik jabatan menjadi Co-Pilot atau FO atau First Officer yang berpenghasilan sekitar 30 sampai 40 juta rupiah. Tugas FO atau Co Pilot sendiri yaitu mendampingi kapten dan menggantikan kapten jika kapten tidak bisa melanjutkan penerbangan. Oleh sebab itu, seorang CO Pilot harus punya kemampuan yang setara dengan kapten. Setelah memenuhi jam terbang yang cukup, Co Pilot akan menjadi seorang kapten dan semua kendali pesawat ada di tangannya.

Dan ntuk menjadi seorang kapten pilot memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Setelah menjadi kapten tentu saja gajinya akan naik. Seorang kapten pilot muda bisa berpenghasilan sekitar 45 juta rupiah setiap bulan. Gaji pilot Garuda yang baru bisa mencapai 47 juta rupiah setiap bulannya, maskapai yang lain juga tidak jauh berbeda. Seorang pilot akan mendapatkan gaji yang besar apabila sering melakukan penerbangan dan sudah bisa digolongkan sebagai kapten senior. Kapten senior ini adalah pilot yang sudah memiliki banyak pengalaman dan jam terbangnya sudah tinggi. Tidak salah memang jika gaji pilot dan pramugari cukup tinggi.

Pramugari atau pramugara sendiri secara tidak langsung gajinya hampir sama. Gaji pokok pramugari sebenarnya hanya sekitar 2 sampai 3 juta untuk pramugari yang baru dan 5 sampai 66 juta untuk pramugari senior. Tetapi, pramugari bisa berpenghasilan sekitar 15 sampai 20 juta setiap bulannya. Hal ini disebabkan karena ada tambahan berupa tunjangan dan bonus yang cukup tinggi untuk sekali terbang. Seorang pramugari bisa memperoleh bonus 50 ribu per jam untuk setiap kali penerbangan. Berikut yang menjadi gaji pilot dan pramugari cukup tinggi. Meskipun tinggi tetapi sebanding dengan keahlian yang harus dimiliki dan resiko yang harus di ambil.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai Gaji Pilot dan Pramugari. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.