Rabu, 21 November 2018

Cara Bikin Manisan Rambutan Super Enak

Manisan merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Apalagi di makan ketika cuaca panas. Akan terasa segar dan nikmat. Manisan memiliki rasa, asam, manis, pedas dan asin bercampur menjadi satu. Walaupun namanya manisan, tapi rasanya tidak terlalu manis. Malahan lebih segar. Tapi kalau anda suka rasa yang lebih manis, tentunya harus menambahkan gula lebih banyak. Cara bikin manisan rambutan ini tak jauh beda dengan cara membuat asinan.

Bahkan banyak orang yang bingung membedakannya. Karena asinan dan manisan memang hampir sama. Kecuali anda membuat manisan buah kering. Ini akan lebih rumit proses pembuatannya. Tapi kita akan membahas tentang manisan rambutan yang sedang viral saat ini. Yang banyak dibagikan orang-orang di sosial media.
 Manisan merupakan salah satu makanan favorit banyak orang Cara Bikin Manisan Rambutan Super Enak

Ketika musim rambutan, sangat mudah menenemukan buah ini. Bahkan harganya sangat murah. Dengan Rp 5000, anda sudah mendapatkan buah yang segar ini. Atau mungkin anda memiliki pohonnya di depan rumah. Daripada di makan langsung, lebih baik diolah menjadi manisan rambutan. Apalagi buah rambutan anda sudah manis dan enak. Mudah dipisahkan dari bijinya. Setelah dibuat manisan, anda bisa menyimpannya di dalam wadah kemudian simpan di lemari pendingin. Tinggal makan kapan saja, ketika anda menginginkannya.

Untuk membuat makanan ini, anda tak butuh modal besar. Hanya dengan uang Rp 10.000 pun, anda sudah bisa membuat manisan rambutan yang enak. Bahan yang digunakan mudah ditemukan di dapur anda. Sehingga tak perlu membelinya lagi di pasar. Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja kita bahas cara bikin manisan rambutan.

Bahan-Bahan Membuat Manisan Rambutan

· 1 ikat rambutan

· 4 buah jeruk nipis, 2 buah diambil perasannya dan 2 buah dipotong tipis-tipis

· 3 sendok makan garam

· 4 sendok makan gula pasir

· 10 buah cabai rawit merah


Cara Membuat Manisan Rambutan

· Kupas rambutan dan pisahkan dari bijinya. Tak perlu dicuci.

· Campurkan garam, gula, potongan cabai, perasan jeruk nipis dan potongan jeruk nipis menjadi satu. Tambahkan air sedikit. Rasakan rasanya, sesuaikan dengan keinginan anda.

· Masukan rambutan yang sudah di potongi ke dalam air manisan. Simpan ke dalam lemari es, sekitar 4-6 jam. Biarkan rasanya meresap dan dingin.

· Manisan rambutan pun sudah siap untuk disajikan dan disantap.

Untuk rasa pedas, manis, asam dan asinnya tinggal disesuaikan keinginan anda. Jika ingin rasa pedasnya lebih dominan, tinggal tambahkan potongan cabai lebih banyak. Untuk cabainya, bisa anda potong kecil-kecil atau digeprek kasar. Gunakan cabai rawit merah, untuk rasa yang lebih enak. Kalau anda suka rasa manis, tentunya tambahkan gula yang lebih lama. Semakin lama, anda menyimpannya di dalam lemari pendingin akan semakin enak rasanya.

Apalagi di simpan di wadah tertutup, membuat kualitasnya lebih bagus. Ketika membuat manisannya, tak perlu ditambah air terlalu banyak. Karena rambutan akan mengeluarkan air ketika disimpan. Kalau anda menambahkan air terlalu banyak, nanti airnya jadi bertambah dan membuat rasa bumbu berkurang. Oleh karena itu, cukup tambahkan sedikit saja. Yang penting bisa dibalurkan secara merata di rambutannya.

Selain rambutan, anda juga bisa membuat manisan lainnya. Seperti manisan mangga, salak, kedongdong, nanas, dan berbagai jenis buah lainnya. Hampir semua jenis buah bisa dibuat manisan. Tentunya buah yang keras dan mengandung air. Itulah sedikit informasi tentang cara bikin manisan rambutan. Semoga bermanfaat.